Senin, 14 Mei 2012

ADIPATI JAYA KUSUMA (keris rambut pinutung+kuluk kanigoro)

          ONO CERITO Setelah runtuhnya kerajaan Singosari, Pulau Jawa mengalami kekosongan pemerintahan. Kemudian muncul penguasa baru dari daerah sekitar Gunung Muria yang kemudian mengangkat dirinya menjadi adipati. Sebenarnya ada dua kadipaten saat itu, yaitu Kadipaten Karanggaruda dan Kadipaten Carangsoka. Kadipaten Karanggaruda dipimpin oleh Yudhapati dan Kadipaten Carangsoka dipimpin oleh Puspa Andungjaya. Yudhapati mempunyai wilayah kekuasaan dari selatan sungai Juwana hingga Gamping utara berbatasan dengan kabupaten Grobogan. Sedangkan Puspa Andungjaya mempunyai wilayah kekuasaan dari utara sungai Juwana hingga Pantai Utara Jawa Tengah bagian timur .
Kedua kadipaten ini hidup dengan damai hingga kedua adipatinya memutuskan untuk berbesanan. Kedua adipati ini bersepakat untuk mengawinkan anak mereka yang bernama Raden Jasari yang merupakan anak dari Adipati Yudhapati dengan Rara Rayungwulan anak dari adipati Adipati Puspa Andungjaya. Pernikahan kemudian akan dilakukan di Kadipaten Carangsongka. Pada saat pesta perkawinan akan dimulai, tiba-tiba Rara Rayungwulan melarikan diri dengan dalang yang bernama dalang Sapanyana. Karena pernikahan yang gagal, Adipati Yudhapati merasa dipermalukan, sehingga menyatakan permusuhan terhadap Adipati Puspa Adungjaya sehingga peperangan tak dapat terhindarkan lagi. Raden Sukmayana memimpin prajurit dari Kadipaten Carangsongka, tapi kemudian tewas dalam pertempuran. Tugas ini kemudian diteruskan oleh Raden Kembangjaya yang merupakan adik dari Raden Sukmayana. Peperangan ini kemudian dimenangkan oleh Raden Kembangjaya dengan tewasnya Adipati Paranggaruda dan anaknya. Raden Kembangjaya kemudian dinikahkan dengan Rara Rayungwulan dan diangkat menjadi Adipati Carangsongka, dan dalang Sapanyana diangkat menjadi patihnya dan berganti nama menjadi Singasari.
Untuk mengatur wilayahnya yang semakin luas, Raden Kembangjaya memindahkan pusat pemerintahannya ke desa Kemiri dan mengganti nama Kadioaten tersebut menjadi Kadipaten Pasantenan dan bergelar Adipati Jayakusuma. setelah Jayakusuma meninggal, pemerintahan kemudian dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Raden Tambra dan bergelar Adipati Tambranegara. Untuk dapat memajukan wilayahnya, Adipati Tambra kemudian memindahkan pusat pemerintahan ke desa Kaborongan dan mengganti nama Kadipaten menjadi  kadipaten pati.                                                                                                                          ADIPATI PRAGOLA YG PERTAMA                                                                                                                                                                        Nama aslinya adalah Wasis Jayakusuma putra Ki Ageng Panjawi, saudara seperjuangan Ki Ageng Pamanahan. Kakak perempuannya yang bernama Waskitajawi menikah dengan Sutawijaya putra Ki Ageng Pamanahan, dan melahirkan Mas Jolang.
Sutawijaya kemudian mendirikan Kesultanan Mataram tahun 1587, sebagai raja pertama bergelar Panembahan Senopati. Sementara itu, Wasis Jayakusuma menggantikan ayahnya sebagai bupati Pati bergelar Pragola. Secara suka rela ia tunduk kepada Mataram karena kakaknya dijadikan permaisuri utama bergelar Ratu Mas, sedangkan Mas Jolang sebagai putra mahkota.
Pada tahun 1890 Pragola ikut membantu Mataram menaklukkan Madiun. Pemimpin kota itu yang bernama Rangga Jemuna (putra bungsu Sultan Trenggana Demak) melarikan diri ke Surabaya. Putrinya yang bernama Retno Dumilah diambil Panembahan Senopati sebagai permaisuri kedua.
Peristiwa ini membuat Pragola sakit hati karena khawatir kedudukan kakaknya (Ratu Mas) terancam. Ia menganggap perjuangan Panembahan Senopati sudah tidak murni lagi. Pemberontakan Pati pun meletus tahun 1600. Daerah-daerah di sebelah utara Pegunungan Kendeng dapat ditaklukan Pragola.
Panembahan Senopati mengirim Mas Jolang untuk menghadapi pemberontakan Pragola. Kedua pasukan bertemu dekat Prambanan. Pragola dengan mudah melukai keponakannya itu sampai pingsan.
Panembahan Senopati berangkat untuk menumpas Pragola. Menurut Babad Tanah Jawi, Ratu Mas sudah merelakan kematian adiknya. Pertempuran terjadi di Prambanan. Pasukan Pragola kalah dan mundur ke Pati. Panembahan Senopati mengejar dan menghancurkan kota itu. Akhirnya, Adipati Pragola pun hilang tidak diketahui nasibnya.

Adipati Pragola yang Kedua

Pragola yang kedua adalah putra Pangeran Puger putra Panembahan Senopati. Ketika Mas Jolang naik takhta menggantikan Panembahan Senopati tahun 1601, Pangeran Puger iri karena merasa usianya lebih tua.
Pangeran Puger yang saat itu menjabat sebagai adipati Demak akhirnya memberontak tahun 1602 tidak mau mengakui kedaulatan adiknya. Pemberontakan ini berakhir tahun 1605 setelah Pangeran Puger ditangkap dan dibuang ke Kudus.
Putra Pangeran Puger diangkat sebagai adipati Pati bergelar Pragola. Ia juga memberontak terhadap Mataram saat dipimpin sepupunya, yaitu Sultan Agung putra Mas Jolang tahun 1627. Pemberontakan ini dipicu oleh hasutan Tumenggung Endranata bupati Demak.
Sultan Agung memimpin langsung penumpasan pemberontakan Pati. Menurut naskah babad, Pragola memakai baju zirah (dalam bahasa Jawa disebut kere waja) peninggalan seorang Portugis bernama Baron Sekeber sehingga tidak mempan senjata apa pun.
Konon dikisahkan, Baron Sekeber adalah juru taman istana Pati. Ia terbukti berselingkuh dengan selir kesayangan Pragola sampai memiliki dua orang anak kembar. Pragola pun membunuh Baron Sekeber dan kedua anaknya, tapi mengampuni selirnya tersebut.
Arwah kedua anak Baron Sekeber datang untuk menuntut balas ketika pasukan Mataram menyerang Pati. Yang satu menyusup pada baju zirah milik Pragola, yang satunya menyusup pada tombak pusaka Kyai Baru Klinting milik Sultan Agung.
Abdi pemegang payung Sultan Agung yang bernama Ki Nayadarma minta izin menghadapi amukan Pragola. Sultan Agung pun meminjamkan tombak Baru Klinting kepadanya. Pertempuran akhirnya berakhir dengan kematian Pragola di tangan Nayadarma.
Sepeninggal Pragola, pasukan Mataram bergerak merampas harta kekayaan Pati. Selir Pragola (yang pernah berselingkuh dengan Baron Sekeber) diambil Tumenggung Wiraguna, seorang pegawai senior Mataram. Selir ini kemudian terkenal dengan nama Rara Mendut, yang kisah cintanya terhadap Pranacitra (pengawal Wiraguna) menjadi legenda di tanah Jawa.    
GONJANG-GANJING 

WASIS JOYOKUSUMO II

Hubungan baik terjalin kembali setelah terdahulunya Pragola I mengadakan pemberontakan terhadap Mataram. Perkawinan adalah sangat efektif digunakan untuk menyatukan dua wilayah yang bertikai, Joyo Kusumo menikah sama adik Sultan Agung. Kerukunan ini terjalin untuk memperluas kekuasaan Mataram di tanah Jawa.
Wasis Joyo Kusumo II mau melamar Putri pengusaha kaya dari Jepara. Ia melamar dengan mengirimkan dua ekor gajah ditambah dengan tiga sampai empat orang terkemuka yang membawa emas,perak, bahkan pakaian yang berharga dan sirih. Akan tetapi peminangan ini ditolak karena gadis tersebut telah dipinang oleh orang lain. Sehingga dibawa pulang seperangkat lamaran kembali ke Pati.
Joyo Kusumo marah, ia mengirimkan beberapa prajurit untuk menyerang rumah orang kaya tersebut. Hal ini didengar oleh Kiai Demang Laksamana kemudian membantu orang kaya tersebut dengan membawa pasukan bersenjata dan seseorang pembesar Jepara juga membantu membawa beberapa prajurit. Mereka bergabung mengantisipasi bahwa Pati akan menguasai daerah-daerah lain sekitarnya. Kia Demang juga mengirim istrinya menghadap ke Mataram guna melaporkan bahwa telah terjadi penyerbuan di wilayah Jepara untuk memperebutkan seorang gadis cantik asal Jepara selain itu juga akan menundukan wilayah Jepara.
Laporan ini membuat Raja Mataram hati-hati sehingga ia mengirimkan telik sandi ke Pati, untuk mengetahui sepak terjang Adipati Joyo Kusumo, laporan yang diterima sesuai dengan apa yang pernah dilaporkan istri Kyai Demang bahwa Pati sedang menyusun kekuatan. Raja Mataram segera mengirimkan pasukan ke Pati. Pasukan ini sebenarnya akan dipersiapkan untuk melawan Surbaya. konsentrasi Mataram sedang disibukan dengan penumpasan Surabaya.. Tapi dialihkan menuju ke wilayah Pati guna mencegah terjadinya pemberontakan di wilayah tersebut.
Perang saudara ini bisa dicegah dengan mengadakan perkawinan politik antara anak Sultan Agung dengan anak Joyo Kusumo, dan ini sangat efektif untuk meredam pemberontakan di Wilayah Pati. Pasukan Mataram kemudian dialihkan kembali ke penyerangan Surabaya Disamping itu juga untuk mencegah terjadinya pemberontakan wilayah, Pati salah satu kekuatan yang menjadi perhitungan politik Sultan Agung, sehingga harus dipertahankan supaya tetap mendukung Mataram.
Adi pati Joyo Kusumo gagah berani tampil sebagai pemimpin wilayah Pantai, mereka mengumpulkan Penguasa Utara di Juana. Bahkan ketika pengirimin pasukan untuk menyerang Surabaya ia menjadi panglimanya menggantikan Adipati Sujanapura yang gugur dalam pertempuran. Adipati Joyo Kusumo juga ikut dalam menumpas Pemberontakan Tuban. Ia bersama Lasem bahu membahu untuk menundukan kekuatan dan strategi perang Tuban dengan besar-besaran,. sedangkan palimanya Adipati Matralaya lebih senang menunggu musuh daripada menyerang dahuluan. Joyo Kusumo juga pernah menjadi panglima yang gagah berani. Ia bahu membahu dengan pasukan Tumenggung Alap-alap
Setelah penyerangan Surabaya selesai, penarikan pasukan kembali ke wilayahnya masing-masing. Temenggung Endranata mulai kasak-kusuk di dalam Keraton Mataram, ia menterjemahkan mimpi Sultan Agung, tentang kedatangan seorang berbaju putih yang mengharuskan menyingkirkan empat orang terkemuka yang dapat menjadi duri dalam daging di Mataram. Temenggung Endratara membisikan siapa saja yang menjadi penghalang Sultan Agung.
Adipati endranata melemparkan isyu bahwa Pati akan mengadakan penyerangan terhadap Mataram.. Pargola memperluas wilayahnya dengan mengangkat enam Bupati MangunJaya, Kanduruwan,Raja Menggala, Toh Pati, Sawunggaling dan Sindurejo. Mereka ia bersumpah sampai titik darah penghabisan
Raja Sultan Agung memanggil beberapa adipati menghadap ke Mataram, raja menanyakan kenapa Adipati Pragola tidak menghadap. Temenggung Endranata menerangkan bahwa Pati tengah menyusun kekuatan dengan penguasa-penguasa pantai utara, kecuali Demak yang masih setia kepada Mataram, hal ini membuat murka Sultan Agung.
Raja mengatur pasukan sebelah kanan yang dipimpin Adipati Matralaya membawai pasukan Mancanegara, pasukan ini bermukim di Pekuwon Juwana. bagian timur sebelah kiri Pangeran Sumedang yang memimpin bagian barat. Orang-orang Madura memimpin bagian tengah, dibelakang itu rakyat dari Kedu, Bagelan dan Pemijen, pasukannya mendirikan benteng pertahanan di kaki Gunung Kendeng, di daerah Cengkal Sewu sebelah selatan Pati. Terakhir keluarga Raja yang memimpin pasukan-pasukan Pamejagan mataram. Pengawal pribadi terdiri dari 2.000 prajurit semua kapendak yang ada diantara mereka harus mengikuti raja.
Pasukan mengepung melewati Pajang dan Taji sehingga banyak penduduk berlarian menuju ke Kota Pati. Kadipaten Pati dikepung prajurit dari segala penjuru, pasukan telik sandi Pati melaporkan bahwa ada gerakan dari pasukan menuju Pati yang dipimpin langsung oleh Sultan Agung. Adipati Pati mengumpulkan rakyatnya yang masih setia untuk berkumpul menyelenggarakan pesta. Untuk pengikutnya yang setia sebab esok akan mengadakan pertempuran habis-habisan.
Pasukan Pati mengenakan pakaian yang sama hitam-hitam, sedangkan rakyat berpakaian seadanya. Mereka berkumpul menunggu Adipati Pragola yang sedang siap-siap, ia mandi, mengenakan baju yang sangat bagus, melengkapi diri dengan pakaian-pakain pusaka (Kere Wojo), dan jimat pusaka.
Adipati Pati bersama pasukannya menuju sector kanan, Serangan Pati ditujukan pada sayap kanan pasukan Mataram yang berada dibawah pimpinan Matralaya, dalam pasukan itu juga ada Adipati Endranata berada. Pihak Mataram mengalami kekalahan besar, dihajar dengan pasukanPati dengan kekuatan penuh, sehingga pasukan Mataram ditarik mundur sampai daerah perbatasan. Sisa-sisa Pasukan Mataram kocar-kacir menyelamatkan diri, misalnya Raja Niti, Mangun Oneng dan Kertajaya. Mataram lari ke Kunduruan, Pasukan Mataram meminta pertimbangan dengan Eyang Kunduruan agar membantu pasukan Mataram, namun Eyang tidak mau sehingga terjadi penyerbuan di kenduruan. Eyang Kunduruan telah siap dengan pasukan penuh ditambah Pasukan dari Adipati Pati. Mereka bahu-membahu memukul Pasukan Mataram, Pasukan Eyang Kunduruan mengusir Pasukan Mataram sampai di luar desa.
Melihat kemenangan di tangan Adipati Pati Pragola, dalam pertempuran ini Temenggung Endranata melarikan diri dan membelot ke Pasukan Pati. Juga pusat dan sayap kiri pasukan Mataram menderita kerugian besar, Pasukan Sawung Galing berhasil memporakporandakan pasukan inti Mataram, sehingga hanya keluarga Raja dengan 2000 pengawal yang masih bertahan.
Adipati Pragola mengobrak-abrik strategi Kalajengking, dia menyerang Pasukan tengah menuju ke arah Susuhunan. Pasukan Temenggung Singanaru dihajar habis-habisan sehingga seluruh anak buahnya tewas, Temenggung Singanaru berlari menyelamatkan diri, ia kehilangan seluruh anak buahnya, sehingga menimbulkan keadaan darurat.
Pasukan Adipati Pati terlena, setelah memenangkan pertarungan, sehingga dia menarik pasukan Pati kembali ke markasnya, pengejaran terhadap Pasukan Mataram hanya sampai di tapal batas saja. Mereka tidak mengejar lagi karena menduga sisa Pasukan Mataram kembali ke Yogyakarta.
Raja Mataram memerintahkan mundur semua pasukan, untuk menyusun kembali Pasukan Mataram yang tersisa. Banyak Pasukan Mataram yang kocar-kacir kehilangan induk semangnya. Sultan Mataram memerintahkan Pasukan Mataram yang ada di tiga sector, sayap kanan, kiri dan tengah untuk tidak melakukan serangan, ditahan dulu pasukannya menunggu komando berikutnya.
Raja Mataram di dalam hutan, mengumpulkan para pemimpin pasukan untuk mengkaji ulang strategi perang, dan untuk menemukan stategi baru untuk menundukan Pati. kemudian memukul gong pusaka Kiai Bicak, tetapi tidak berbunyi. Ia kehilangan semangat dan berdoa kepada Allah, setelah itu gong berbunyi lagi dengan suara nyaring, ini menggobarkan semangat para prajurit Mataram, yang tadinya sudah mundur. Sekarang mereka maju lagi untuk bertempur.
Sisa Pasukan Mataram yang bertahan ditapal batas, dan pasukan yang masih di hutan Jepara, Purwodadi, Kudus bergabung kembali dengan Pasukan Sultan Mataram, setelah telik sandi menginstruksikan untuk segera merapat dan bertemu dengan pasukan Sultan Mataram, sambil menunggu bantuan dari Kerajaan Mataram yang akan menyerbu Surabaya, untuk dialihkan dahulu membantu Pasukan Mataram yang mau menyerang Pati.
Meskipun demikian, Adipati Pragola masih yakin akan kemenangannya. Ia mengadakan pembunuhan besar-besaran pada pihak Mataram. Raja Mataram segera mengirim pasukan tambahan dan mengarahkan pengawal dan keluarganya, yang dipimpin oleh Pangeran Purbaya dan keluarganya. Mereka merapat bergabung dengan sisa pasukan Mataram dengan menggunakan strategi kombinasi, mengecoh pertahanan Pati. Pasukan Mataram bergerak melawan Adipati Kunduruan di daerah Selatan, Prawirataruna, Temenggung Toh Pati dan Tumenggung Mangunjaya bertahan di arah timur, Tumenggung Sindurejo dan Raja Menggala bertahan di sector Barat melawan gempuran Pasukan Tumenggung Alap-alap. sedangkan Pasukan Tumenggung Sawunggaling kocar-kacir melawan pasukan inti, ia tertangkap Pasukan Mataram dan di ekskusi ditempat.
Meskipun demikian, Adipati Pragola dengan semangat menyala-nyala maju ke depan, tetapi Raja Mataram menyerahkan tombak Kiyai Baru kepada Lurah Kapedak, Naya Derma. Tepat ketika raja sekali lagi memukul gongnya Naya Derma menusuk Pragola sehingga mengakibatkan luka ringan sebelah kiri. Pargola jatuh dari kudanya kemudian ia bangkit, dan memacu kudanya keluar dari kepungan Pasukan Mataram. Dia berlari untuk merawat lukanya, ditengah jalan kudanya berhenti dan ia meninggal dunia di Sendang Sani. Mendengar Adipati Pragola wafat. Temenggung Endranata dan pasukannya membelot, menganggap ini suatu alasan untuk kembali ke Pasukan Mataram. Semua pasukan Pati dimusnahkan, juga mereka yang ditangkap hidup lebih suka memilih mati.
Raja memerintahkan agar jenazah Pragola ditegakan dan jimat-jimatnya diambil. Melihat percikan darah pada Kiai Baru, raja mengerti bahwa adiknya terbunuh dengan senjata itu.
Sementera itu Tumenggung Mangunjaya melarikan diri ke dalam istana dan menyampaikan berita kekalahan kepada para wanita disana juga kepada empat menteri jaga : Sura Prameya, Rangga Jaladra, Sura Antaka dan Pengalasan. Mereka bertempur terus sampai mati dengan 200 prajurit yang masih ada. Ini dilakukan dialun-alun, hanya Mangunjaya yang membawa berita kekalahan kepada para wanita, mereka cepat berlari meninggalkan Kadipaten Pati menuju ke Gunung Prawata. Melalui pintu belakang bersama putra mahkota yang masih muda.
Temenggung Alap-alap dengan beberapa pasukannya mengobrak-abrik Pasukan Pati, mereka merampok istana dan menguras habis istana bersama dengan pengikut-pengikutnya, kekayaannya dirampas dan rumahnya dibakar diratakan dengan tanah. ia memerintahkan untuk membawa para wanita ke Mataram.
Sultan Mataram bertemu dengan adiknya yang juga istri Pragola, ia bertanya kenapa Pati harus memberontak terhadap Mataram, janda Pragola menceritakan bahwa Sultan Mataram dan Pragola Pati diadu domba oleh Adipati Endranata. Raja Mataram marah besar, sehingga ia memerintahkan Martalulut dan Singanegara untuk membunuh Adipati Endranata dan dipertontonkan ususnya di Pasar Gede.
RORO MENDUT & PRANACITRO
Pasukan Mataram berhasil membumi hanguskan Kadipaten Pati. Tembok-tembok sebagai benteng runtuh di hancurkan Mataram. Semua harta kekayaan Kadipaten Pati di rampas di bawa pulang ke Mataram.Termasuk boyongan gadis-gadis cantik dari pesisir pantai utara jawa.
Temenggung Wiroguno merupakan salah satu temenggung yang ikut dalm penyerangan Kadipaten Pati, ia memperoleh hadiah putri boyongan dari Pati, yakni Roro Mendut yang masih belia dan jelita. Tetapi Roro Mendut tidak sudi diperistri Wiroguno yang sudah renta itu.
Roro Mendut adalah seorang gadis cantik sehingga banyak pemuda-pemuda naksir kepadanya. Roro Mendut berpacaran dengan pemuda Pati Bernama Bagus Kemuda. Ada juga seorang pemuda asal Madura yang tinggal di Pati bernama Kuda Panoleh, yang mencoba mengganggunya. Namun rasa cintanya kandas karena ia menjadi boyongan Temenggung Wiroguno akibat Kadipaten Pati kalah perang.
Temenggung Wiroguno mencintai Roro Mendut, sehingga ia dibuatkan kaputren untuk ditinggali dengan mbok Mbannya. Roro Mendut selalu bermuram durja karena harus berpisah dengan kekasihnya yang harus mati ditangan orang-orang Mataram. Kesedihannya makin memuncak tatkala ia harus dibawa oleh Temenggung Wiraguno, orang Mataram yang telah merebut kebahagiaanya.
Roro Mendut tidak kuat menahan perasaannya, ia berencana untuk melarikan diri dari Kadipaten, untuk lepas dari cengkraman Temunggung Wiroguno. Pada suatu malam ia Berkemas-kemas mau minggat dari Kaputren.
Roro Mendut menjadi pelarian yang terus dikejar-kejar oleh Temunggung Wiroguno, berpindah-pindah tempat menghindari pasukan Temenggung Wiroguno, sehingga ia harus menyamar sebagai kawulo alit agar tidak dapat dihendus oleh telik sandi temenggung Wiroguno.
Ia memilih berjualan rokok di pinggir jalan yang ternyata laris sekali. Meski harga puntung rokoknya jauh lebih mahal dari pada rokok yang masih utuh, namun ternyata peminatnya justru membludak.
“Hai Roro Mendut mengapa sampai demikian ?” Tanya seorang pembeli yang amat penasaran.
“mau tahu sebabnya?, tentu saja karena puntung rokok itu bekas kena bibirku dan telah leceh dengan air ludahku yang manis dan harum!” jadi tegasnya, semakin pendek puntung bekas hisapan bibir sensual si Mendut, semakin nikmat citra rasanya. Puntung tersebut cukup lama dalam jepitan bibir hangat berliur.
Beberapa waktu kemudian, ia bertemu dengan salah seorang pelanggannya yang masih muda, gagah, tampan dan kaya. Pemuda tersebut Pranacitra, anak lelaki Janda Singobarong. Kemudian keduanya saling mabuk kepayang, bahkan sampai ke puncak asmara yang paling tinggi. Namun perselingkuhan mereka kepergok juga oleh Ki Wiroguno. Mereka diburu serta tertangkap di pinggir Kali Opak (sungai Opak) yang sedang banjir. Akhirnya Pranacitro tewas diujung keris Ki Tumenggung Wiroguno. Rara Mendut ikut Bela-Pati dengan menubrukkan badannya pada keris yang masih berlumuran darah dalam genggaman Tumenggung Wiroguno..”

Pasukan Joyo Kusumo mengirim 3000 prajurit untuk menyerang rumah orang kaya tersebut. Hal ini didengar oleh Kiai Demang Laksamana kemudian membantu orang kaya tersebut dengan membawa 400 orang bersenjata dan seseorang pembesar Jepara membawa 300 prajurit.
 Pasukan Mataram terdiri dari 30.000 personil.
 Tumenggung Alap-alap bersama 1.000 prajurit merampok keraton Pragola yang masih dipertahankan 200 orang dan merampas wanita-wanitanya. Para wanita priyayi harus diangkut dengan tandu.
Ada versi lain bahwa Adipati Alap-alap melakukan bumihangus di kadipaten pati, sehingga istri Pragola Pati, lari dikejar sampai ke barat Desa Puri, maka Desa itu dinamakan Matraman.
 Cerita ini sebenarnya berawal dari Karya sastra seorang Pujangga Keraton Kartosuro, pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwono II (1727-1749), bernama R. Ngabehi Ronggo Janur, berjudul Serat Pranacitro.


SILSILAH ADIPATI PRAGOLA
(Versi Tutur Tinular)
Brawijaya V X Bodri Cemoro
(Bhre Kertabhumi) (Dayang)




Ki Ageng Tarub I




Nawangsih X Bondan Kajawan



Getas Pandawa X Putri Sunan Bejagung
(Dyah Depok)
Roro Kasihan X Sunan Ngerang Ki Ageng Selo









Dewi Rarayano X Sahid Kusumastuti Ki Ageng Genis
Sunan Muria I
Dewi Pujiwati




Kembang Jaya Sukmayana Ki Ageng Pemanahan
(Versi Babad Tanah Jawi)
Brawijaya V X Bodri Cemoro
(Bhre Kertabhumi) (Dayang)




Ki Ageng Tarub I




Nawangsih X Bondan Kajawan



Getas Pandawa X Putri Sunan Bejagung
(Dyah Depok)
Roro Kasihan X Sunan Ngerang Ki Ageng Selo










Ki Ageng Pati Ki Ageng Genis
(Ki Gede Cermo)
Ki Penjawi Ki Pemanahan
Kembang Joyo
Adipati Pati I




Jaya Kusuma I Rara Sari X Sutawijaya
(Panembahan Senopati)
Mas Jolang
(Panembahan Hanyakrawati)




Jaya Kusuma II X Ratna Sari Masrangsang
(Sultan Agung)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              “Keris rambut pinutung+Kuluk kanigoro”.
Dua benda pusaka itu merupakan simbol Kabupaten Pati yang duplikatnya selalu diarak dalam peringatan hari jadi Kabupaten Pati. Dua benda pusaka tersebut sengaja diboyong dari Museum Radja Pustaka Solo untuk dipamerkan kepada masyarakat Pati.
Selain dua benda pusaka tersebut, ikut dipamerkan beberapa benda pusaka lainnya. Di antaranya “Keris Sengkelat” yang menjadi bagian dari berdirinya Kerajaan Mataram Islam. Beberapa benda pusaka lainnya yang juga dipamerkan adalah, Keris Nogososro Kinatah, Piton, Tombak Giring, dan Tombak Sigar Jantung. Beberapa benda pusaka itu saat ini memang sudah dimiliki sejumlah musium atau dimiliki kolektor dari luar Pati.
Keris Nogososro Kinatah yang dipamerkan di pendapa kemarin adalah milik Eyang Suto, warga perumahan Winong, Pati. Sedangkan sedang sejumlah keris lainnya milik Brojo Buwono.
                                                                                                                                                                                                                             

21 komentar:

  1. Balasan
    1. saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada EYANG_KUSUMO atas nomor togelnya yang kemarin MBAH berikan yaitu 4 angka ’'0169''alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus MBAH dan berkat bantuan EYANG_KUSUMO saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EYANG_KUSUMO di nomor ;) (0823_2221_3739) atau klik http://eyangkusumo739.blogspot.com dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat' ;)









      saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada EYANG_KUSUMO atas nomor togelnya yang kemarin MBAH berikan yaitu 4 angka ’'0169''alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus MBAH dan berkat bantuan EYANG_KUSUMO saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EYANG_KUSUMO di nomor ;) (0823_2221_3739) atau klik http://eyangkusumo739.blogspot.com dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat' ;)






      saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada EYANG_KUSUMO atas nomor togelnya yang kemarin MBAH berikan yaitu 4 angka ’'0169''alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus MBAH dan berkat bantuan EYANG_KUSUMO saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EYANG_KUSUMO di nomor ;) (0823_2221_3739) atau klik http://eyangkusumo739.blogspot.com dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat' ;)







      saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada EYANG_KUSUMO atas nomor togelnya yang kemarin MBAH berikan yaitu 4 angka ’'0169''alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus MBAH dan berkat bantuan EYANG_KUSUMO saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EYANG_KUSUMO di nomor ;) (0823_2221_3739) atau klik http://eyangkusumo739.blogspot.com dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat' ;)






      saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada EYANG_KUSUMO atas nomor togelnya yang kemarin MBAH berikan yaitu 4 angka ’'0169''alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus MBAH dan berkat bantuan EYANG_KUSUMO saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EYANG_KUSUMO di nomor ;) (0823_2221_3739) atau klik http://eyangkusumo739.blogspot.com dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat' ;)

      Hapus
    2. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA SAUWDARA2 PARA PECINTA TOGEL.BAHWA..HALL YANG TIDAK PERNAH TERBAYANGKAN KINI MENJADI KENYATAAN.DI KELUARGA.SAYA.UNTUK AKI,ARIB WIDODO.KAMI UCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH.KARNA BERKAT BANTUANG AKI,ARIB WIDODO ALHAMDULILLAH KELUARGA KAMI.BISA LEPAS DARI SEGALA HUTANG HUTANG.KARANA NOMOR TOGEL.HASIL RITUAL AKI,ARIB WIDODO YANG DIA BERIKAN KEPADA SAYA YAITU-4D(8675)BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.257juta.ALLHAMDULILLAH SAYA BISA MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA.DAN MOBIL SAYA YANG DULUNYA AKU GADAIKAN.KINI SAYA SUDA MENEBUS KEMBALI.DAN KAMI JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN.KAMI TIDAK MENDUGA.AKI,ARIB WIDODO TELAH MERUBAH NASIB KAMI HANYA SEKEJAP.DAN.HANYA AKI,ARIB WIDODO SATU2 NYA ORANG YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.INI ADALAH BENAR2 KISAH NYATA DARI SAYA.DAN SAYA TIDAK MALU UNTUK MENCERITAKAKAN.SEMUA TENTANG KESUSAHAN YANG PERNAH SAYA JALANI.KARNA DI SITULAH SAYA MULAI BERFIKIR BAHWA.MUNGKIN MASIH BANYAK SAUWDARA2 SAYA.YANG SANGAT MEMBUHTUHKAN.BANTUANG AKI,ARIB WIDODO.DAN JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA. MENDAPATKAN ANGKA GHOIB/RITUAL JITU-2D-3D-4D-SGP/HK.DI JAMIN 100% TEMBUS HASIL RITUAL AKI,ARIB WIDODO.DARI GUNUNG KAWI.SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI,ARIB WIDODO DI NOMOR(_082-369-439-555_)JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN AKI,ARIB WIDODO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.TERIMAH KASIH.THANK’Z ROOMX ZHOBATH ★

      Hapus
    3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
  2. silahkan klo berminat,,smga makin mnambah kecintaan kita pda budaya nusantara..

    BalasHapus
  3. DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI.KARNA ANGKA YG DI BERIKAN 2D3D4D_ BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMDUHLILLAH DPT 120 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU KI.RONGGENG,,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG KI.RONGGENG DI NO;085=256=200=352 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.ini kisah nyata saya terimah kasih…………….?




    DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI.KARNA ANGKA YG DI BERIKAN 2D3D4D_ BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMDUHLILLAH DPT 120 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU KI.RONGGENG,,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG KI.RONGGENG DI NO;085=256=200=352 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.ini kisah nyata saya terimah kasih…………….?




    DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI.KARNA ANGKA YG DI BERIKAN 2D3D4D_ BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMDUHLILLAH DPT 120 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU KI.RONGGENG,,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG KI.RONGGENG DI NO;085=256=200=352 SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.ini kisah nyata saya terimah kasih…………….?

    BalasHapus
  4. NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI
    TRIM’S ROO,MX SOBAT

    NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI
    TRIM’S ROO,MX SOBAT

    NGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI
    TRIM’S ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  5. terima kasih banyak kepada AKI DALI atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu “9257″ alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI dan berkat bantuan AKI DALI saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI DALI Di.NmoR _0853_4258_5457_) atau >>KLIK DI SINI << dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri MAKASIH KEPADA YANG PUNYA ROOM.

















































































































































































    terima kasih banyak kepada AKI DALI atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu “9257″ alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI dan berkat bantuan AKI DALI saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI DALI Di.NmoR _0853_4258_5457_) atau >>KLIK DI SINI << dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri MAKASIH KEPADA YANG PUNYA ROOM.

    BalasHapus
  6. terima kasih banyak kepada AKI DALI atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu “8797″ alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI dan berkat bantuan AKI DALI saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2. yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI DALI Di.NmoR _0853_4258_5457_) atau >>KLIK DI SINI << dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri MAKASIH KEPADA YANG PUNYA ROOM.

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!







    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!






    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!






    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!






    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!




    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG…Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (2008) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk’z room’x zobat……!!

    BalasHapus
  9. saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada KI_MANGGALA atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu angka 4D ( 1442 ) alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus KI dan berkat bantuan KI_MANGGALA saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI, dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI_MANGGALA di nomor :(_0853_3552_9777_) insah allah dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat.







    saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada KI_MANGGALA atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu angka 4D ( 1442 ) alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus KI dan berkat bantuan KI_MANGGALA saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI, dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI_MANGGALA di nomor :(_0853_3552_9777_) insah allah dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat.







    saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada KI_MANGGALA atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu angka 4D ( 1442 ) alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus KI dan berkat bantuan KI_MANGGALA saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI, dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI_MANGGALA di nomor :(_0853_3552_9777_) insah allah dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat.







    saya sekeluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada KI_MANGGALA atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu angka 4D ( 1442 ) alhamdulillah ternyata itu benar2 benar tembus KI dan berkat bantuan KI_MANGGALA saya bisa melunasi semua utang2 orang tua saya yang ada di BANK BRI, dan saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI_MANGGALA di nomor :(_0853_3552_9777_) insah allah dijamin 100% tembus atau silahkan buktikan sendiri trima'kasih'thank'z room'x zobat.

    BalasHapus
  10. SAYA UCPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(9967) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..























    SAYA UCPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(9967) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..























    SAYA UCPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(9967) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..

    BalasHapus
  11. SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(6871) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..





























    SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(6871) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..
























    SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KI AKENG, YG SUDAH MEMBANTU KESUSAHAN SAYA DENGAN MEMBERIKAN NOMOR TOGEL KEPADA SAYA.
    SAYA SANGAT BERSUKUR SEKALI KARENA NOMOR YG DIBERIKAN 4D(6871) TEMBUS 100%.
    BERKAT SEMUA ITU SAYA SUDAH LUNASI HUTANG2 SAYA SEBANYAK 175 JUTA DI BANK BRI.
    DAN SAYA SUDAH BUKA USAHA BERKAT MENANG NOMOR TOGEL YANG DI BERIKAN SAMA KI AKENG….

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…
    -APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATEGORI DIBAWAH INI
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI AKENG DI NO: 0-8-2-3-7-2-7-1-7-1-7-9
    .ANGKA TOGEL YANG DIBERIKAN KI AKENG.TIDAK PERLU DIRAGUKAN LAGI.SAYA JAMIN 100% TEMBUS . SOAL YA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN 5X PUTARAN SAYA DIBANTUH
    ATAU KUNJUNGI WAPSITEP ASLI KI AGENG KLIK http://kiakeng.blogspot.com
    DIJAMIN ANDA PASTI MENANG SEPERTI SAYA>>>>>>
    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
    SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JEPE hari ini…..

    BalasHapus
  12. ass wr.wb saya ucapkan terima kasih kepada KI MANGGALA,yang sudah membantu ke susahan saya dengan memberi kan nomor ghoib ke pada saya {'.0203.'}
    saya sangat bersyukur sekali karena nomor yang di berikan 4d itu tembus 100%.
    berkat semua itu saya sudah lunasi hutang2 saya sebanyak 250 juta di BANK BRI.
    dan saya sudah buka usaha berkat menang nomor togel yang di berikan sama KI MANGGALA…

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…

    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI MANGGALA DI NO _0_8_5_3_3_5_5_2_9_7_7_7_

    ╱◥◣
    │∩ │◥███◣ ╱◥███◣
    ╱◥◣ ◥████◣▓∩▓│∩ ║
    │╱◥█◣║∩∩∩ ║◥█▓ ▓█◣

    angka goip yang di berikan KI MANGGALA.tidak perlu diragukan lagi.saya jamin 100% tembus.soalx saya sudah pernah membuktikan 5kali ber turut2 menang.

    Di jamin anda pasti menang seperti saya .>>>>>>

    .(’•.¸( ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨»
    .(¸. •’´(¸.•’´ *’•.¸)’•.¸ )..

    WASSALAM SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JP hari ini"









    ass wr.wb saya ucapkan terima kasih kepada KI MANGGALA,yang sudah membantu ke susahan saya dengan memberi kan nomor ghoib ke pada saya {'.0203.'}
    saya sangat bersyukur sekali karena nomor yang di berikan 4d itu tembus 100%.
    berkat semua itu saya sudah lunasi hutang2 saya sebanyak 250 juta di BANK BRI.
    dan saya sudah buka usaha berkat menang nomor togel yang di berikan sama KI MANGGALA…

    -JIKA ANDA SERING KALAH DALAM BERMAIN TOGEL…

    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat.
    HUB KI MANGGALA DI NO _0_8_5_3_3_5_5_2_9_7_7_7_

    ╱◥◣
    │∩ │◥███◣ ╱◥███◣
    ╱◥◣ ◥████◣▓∩▓│∩ ║
    │╱◥█◣║∩∩∩ ║◥█▓ ▓█◣

    angka goip yang di berikan KI MANGGALA.tidak perlu diragukan lagi.saya jamin 100% tembus.soalx saya sudah pernah membuktikan 5kali ber turut2 menang.

    Di jamin anda pasti menang seperti saya .>>>>>>

    .(’•.¸( ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨»
    .(¸. •’´(¸.•’´ *’•.¸)’•.¸ )..

    WASSALAM SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JP hari ini"

    BalasHapus
  13. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI DANU BERKTAKA BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI DANU YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI DANU DI 082 332 608 333

    BalasHapus
  14. ASSALAMU ALAIKUM SEKEDAR INFO BUAT TEMAN YG PENCINTA TOGE JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D3D4DSGP/HK DIJAMIN 100% JEBOL SILAHKAN HUB :(082314645959) AKI JAYA AGUNG JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB ..TERIMA KASIH

    BalasHapus
  15. Assalamu alaikum wr wb. saya mengucapkan banyak terimakasih kepadaOM AGUS yang telah menolong saya dalam kesulitan, Ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami, Sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama OM AGUS dan dengan senang hati OM AGUS Imau membantu saya.., ALHAMDULILLAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubunginya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya 2D 3D 4D 5D 6D, silahkan hubungi OM AGUS DI NO 085397766615 INILAH KISAH NYATA YANG TAK BISA KAMI LUPAKAN SELAMA INI...!!

    BalasHapus
  16. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  17. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



      Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



      Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D




      Hapus